SlideShow


ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Blog Untitled)
1

Kebudayaan Indonesia Part III

Yup...Kembali lagi dengan Kebudayaan Indonesia..kalo menyimak tentang Kebudayaan Indonesia, ga ada bosen-bosenya...soalnya terlalu banyak jenis keragaman budaya Indonesia... Kemarin beberapa saya sudah membahasnya di Kebudayaan Indonesia part I dan Kebudayaan Indonesia part II.... ini dia beberapa jenis kebudayaan yang belum  saya jelaskan.

Ritual

Sebagai pusat pertemuan bermacam masyarakat tradisi, Kepulauan Indonesia memiliki beragam sistem tata nilai lokal, yang diartikulasikan dalam ritual dan upacara yang ditujukan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan sosial dan terutama, spiritual, masyarakat dan/atau entitas adat setempat.

Senjata dan Alat Perang

Senjata dan alat perang setiap daerah mampu memberikan penjelasan pada kita tentang sejauh mana masyarakat menyerap teknologi, seberapa sering masyarakat dihadapkan pada ancaman kedaulatan, serta nilai-nilai yang berlaku di dalamnya.

Produk Arsitektur


Kebutuhan manusia akan tempat tinggal dapat ditentukan oleh faktor lingkungan alamiah dan sosial. Desain arsitektur adalah salah satu produk budaya yang mencerminkan kelas-kelas masyarakat, pola hidup, cara pandang, serta tingkat adaptasi teknologi pemiliknya. Desain bangunan yang bersumber pada inspirasi bangunan rumah tradisional di berbagai tempat di Indonesia menunjukkan diversitas yang sangat tinggi. Variasi terjadi mulai dari struktur rumah apakah tergolong sebagai rumah panggung, bahan bangunannya, bentuk bangunan tersebut, dekorasi bangunan tersebut dan bagaimana bangunan tersebut diwarnai, eksploitasi spasial di sekitar bangunan tersebut, termasuk sejauh mana pengaruh luar memberikan dampak bagi desainnya secara umum.

Daftar Ornamen

Salah satu obyek kultural yang lekat dengan keseharian manusia adalah ornamen. Ornamen di sini terdiri atas artefak-artefak budaya yang bertujuan untuk menghias atau mempercantik sebuah objek tertentu. Ornamen terdiri atas: 
  1. Dekorasi, misalnya ukiran, furniture, hiasan dinding, taplak meja, dan lain sebagainya. 
  2. Perhiasan, misalnya kalung, gelang, tato, anting-anting, tas, dan lain sebagainya. 

Inilah Beberapa Elemen dari Kebudayaan Indonesia yang bisa saya sebutkan.