SlideShow


ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Blog Untitled)
0

Kebudayaan Indonesia Part II

Hey Guys,, Kembali lagi kita akan membicarakan tentang kebudayaan Indonesia.Beberapa telah gue posting di Kebudayaan Indonesia Part I. Nah ini lanjutan cerita kemarin :

Musik dan Lagu

Musik dan lagu merupakan ekspresi perasaan manusia, baik dari sisi pembuat lagu maupun penikmat dari musik tersebut. Syair dan melodi/irama daru karya musik dapat mengungkap suatu peristiwa, karakter kolektif dari masyarakat, hingga proses akulturasi yang melatar belakanginya.
Tiap suku dan identitas kolektif dari mereka yang tinggal di kepulauan Indonesia tentu memiliki lagu yang lahir dari interaksi sosial terkait tempat tinggal dan latar belakang suku yang menyertainya. Musik merupakan ekspresi jiwa dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal nada yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Alunan nada seperti apakah yang disukai oleh orang Toraja? Apakah lagu yang menurut orang-orang di Jawa Barat indah dekat dengan lagu-lagu dari Jawa Tengah? Seberapa berbeda lagu Apuse dengan Ati Raja? Sepertihalnya desain arsitektur dan motif, hubungan ini juga dapat dikaji dengan menggunakan konsep Pohon Filomemetika. Sebuah aplikasi filomemetika musik yang disertai preview dari masing-masing lagu.





Motif Kain





Motif kain orang Indonesia sangat beragam sebagaimana memang digambarkan oleh keheterogenan masyarakatnya atas suku, agama, dan berbagai kelas sosial mulai dari kelas ekonomi hingga pembagian tenaga kerja secara sosial (division of labor). Dalam hal ini, kita mengenal motif batik misalnya yang merupakan sebuah tradisi motif pakaian yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Batik dikenal secara umum berasal dari kriya tekstil penduduk di kawasan pulau Jawa, baik yang berada di kawasan pedalaman maupun yang berada di kawasan pesisir pantai. Motif batik sendiri sangat beragam.

Keragaman ornamentasi batik saja misalnya, sudah sangat tinggi. Sebagai sebuah kawasan kepulauan yang terdiri dari populasi ratusan suku bangsa, maka Indonesia memiliki berbagai ornamentasi motif pakaian yang luar biasa kuantitasnya. Sebut saja songket, ulos, dan berabagai motif pakaian lainnya.

Galeri Pakaian Tradisional

Kategori ini dibuat untuk menghimpun dan mengkaji penggunaan artefak-artefak budaya tertentu yang terartikulasi pada produk sandang manusia yang berkembang di Indonesia. Keberadaan pakaian yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan masyarakat, misalnya sebagai atribut status sosial, dengan sendirinya menjadikan artefak ini kaya inspirasi dan tentunya, informasi, akan Kebudayaan Indonesia.


Daftar isi


Pakaian dari kawasan Nangroe Aceh Darussalam

 

Pakaian dari kawasan Sumatera Utara

     

Pakaian dari kawasan Sumatera Barat

                 

Pakaian dari kawasan Bengkulu

    

Pakaian dari kawasan Lampung

        

Pakaian dari kawasan D. I. Yogyakarta


Pakaian dari kawasan Jawa Tengah

     

Pakaian dari kawasan Jawa Timur


Pakaian dari kawasan Kalimantan Tengah

        

Pakaian dari kawasan Kalimantan Selatan

  

Pakaian dari kawasan Kalimantan Timur

  

Pakaian dari kawasan Kalimantan Barat

   


Pakaian dari kawasan Sulawesi Tengah

   

Pakaian dari kawasan Sulawesi Selatan

 

Pakaian dari kawasan lain-lain (undefined)
        

Permainan Tradisional

Sama seperti halnya cerita rakyat, mainan tradisional lahir sebagai bentuk pewarisan nilai dari para orangtua terhadap generasi muda. Ia juga lahir dari kondisi alam dan lingkungan sekitar.

0 komentar: